Manfaat Jahe Merah Bantu Hadapi Virus Corona

Detik- Jahe merah merupakan tanaman asli yang ditanam oleh petani Indonesia. Menurut penelitian Dugasani pada 2010, dalam comparative antioxidant and anti-inflammatory effects of gingerol dan shogaol, disebutkan kandungan gingerol dan shogaol dalam jahe merah terbukti bermanfaat bagi tubuh manusia.

Gingerol dan shogaol yang memiliki efek antioksidan bermanfaat melawan stres oksidasi. Zat tersebut diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membunuh bakteri atau virus berbahaya dalam tubuh sehingga bantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kadar gingerol pada jahe merah lebih tinggi dibanding jahe gajah yang ternyata paling sering digunakan masyarakat saat ini. Kadar gingerol yang lebih tinggi, berat per rimpang yang lebih berat, dan kandungan minyak atsiri yang lebih banyak membuat jahe merah lebih efektif buat kesehatan masyarakat dibanding jahe gajah dan juga jahe emprit.
 
Jahe merah menjadi salah satu rekomendasi bahan herbal asli Indonesia yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu, apalagi dalam kondisi waspada Novel Coronavirus seperti sekarang ini.
 

Inilah Obat Sakit Pinggang Alami Yang Ampuh

19 November 2018

Rasa sakit yang timbul di pinggang dapat disebabkan oleh sakit otot, sakit saraf, radang sendi, atau penyakit lainnya. Untuk mengatasi rasa sakit di pinggang Anda, tidak ada salahnya mencoba obat sakit pinggang alami dari berbagai herbal.

Ada banyak pilihan tanaman dan rempah-rempah yang diyakini bermanfaat sebagai obat sakit pinggang alami. Mari kita pelajari tanaman apa yang bisa digunakan untuk meringankan sakit pinggang Anda!

1. Daun Kumis Kucing

obat sakit pinggang Tanaman kumis kucing dipercaya dapat meredakan sakit pinggang secara alami sejak lama, masyarakat Indonesia percaya bahwa kumis kucing dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih. Tanaman ini juga bisa mengurangi rasa sakit dari sakit pinggang.

Khasiat kumis kucing dikaitkan dengan tingkat senyawa yang tinggi dengan efek yang baik pada tubuh. Di antaranya adalah ortosifonin genkosid, asam lemak, minyak esensial, minyak sayur, saponin, sapofonin, dan garam kaliuM yang bisa sebagai obat sakit pinggang

Untuk mengobati sakit pinggang, cukup rebus beberapa lembar kumis kucing dalam 150 ml air dengan api kecil hingga mendidih. Setelah disaring, air dari rebusan bisa diminum sekali sehari.

Obat sakit pinggang Meski begitu, konsumsi rebusan sebaiknya dihindari oleh pasien dengan gagal jantung dan gagal ginjal karena berisiko menyebabkan edema. Ramuan ini lebih baik tidak dikonsumsi dalam jangka panjang. obat sakit pinggang

2. Kunyit

Obat sakit pinggang Rempah-rempah yang banyak digunakan untuk memasak dan jamu bermanfaat untuk meredakan radang sendi, mulas, dan peradangan.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa ahli meyakini bahwa kandungan curcuminnya yang bersifat anti radang dapat meredakan sakit pinggang. Tidak mengherankan, kunyit dianggap sebagai obat penghilang rasa sakit alami yang mudah diobati sendiri di rumah.

Secara umum, kunyit dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun perlu diingat bahwa konsumsi dengan dosis tinggi atau dalam jangka panjang berisiko memicu gangguan pencernaan. Selain itu, orang dengan penyakit kandung empedu disarankan untuk menghindari mengambilnya.

3. Jahe

Obat sakit pinggang Jahe sering digunakan sebagai ramuan untuk meredakan sakit pinggang – Jahe adalah ramuan populer di kalangan penggemar obat tradisional. Tanaman ini mampu meredakan mual dan menambah nafsu makan bagi orang yang mengalami gangguan pencernaan.

Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, ekstrak jahe juga diyakini bisa mengobati sakit pinggang. Ini karena jahe mengandung phytochemical, yang merupakan senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan pada otot dan persendian.

4. Minyak Eucalyptus

Obat sakit pinggang Minyak dari eucalyptus akan memberi sensasi dingin pada kulit dan mengurangi rasa sakit di pinggang kebanyakan orang biasanya mendengar eukaliptus sebagai obat untuk flu dan batuk. Tetapi tanaman ini juga dapat membantu mengatasi sakit pinggang dan pinggang secara alami.

Cukup balur atau oleskan minyak dari daun eukaliptus di bagian yang sakit. Minyak ini akan memberikan sensasi kedinginan pada kulit.

Kandungan zat tannin di dalamnya akan bereaksi untuk mengurangi rasa sakit pada bagian yang mengalami peradangan atau pembengkakan.

5. Lidah Buaya

Obat sakit pinggang Selain mengobati luka bakar, lidah buaya diduga berguna juga untuk membantu meredakan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi. Tanaman ini sering dimasukkan sebagai komposisi dalam bentuk topikal untuk meredakan sakit sendi.

6. Jahe Merah

Obat sakit pinggang Air rebusan jahe merah dipercaya bisa mengurangi rasa sakit di pinggang. Jahe merah mengandung gingerol, zingeron, dan shogaol dengan kadar tinggi. Zat-zat ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan bersifat anti-inflamasi.

Untuk mengurangi sakit pinggang, cukup rebus beberapa gram jahe merah. Sebagai variasi, Anda bisa mencampur tanaman lain, seperti temu hitam, akar selestial, atau daun dewa.

Setelah direbus dalam 600 cc air hingga mendidih, saring dan minum air matang sambil hangat. Saat mabuk, jahe jenis ini juga bisa memberi efek hangat di tubuh yang akan membuat Anda rileks.

7. Bawang Putih

Obat sakit pinggang Selain bumbu masak, bawang putih bisa digunakan sebagai ramuan pereda sakit, selain biasa digunakan untuk membuahi rambut dan menyingkirkan jerawat, bawang putih dapat digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

Cara mengolahnya tidak sulit. Siapkan 120 gram jahe merah, 150 gr bawang putih, dan bubuk cabai secukupnya. Rendam semua bahan dalam alkohol 75 persen selama 14 hari.
Setelah itu, Anda cukup mengaplikasikan air rendaman ke bagian yang sakit. Lakukan sekali sehari.

8. Kulit Pohon Gandarusa

Obat sakit pinggang Minyak Kandungan senyawa salisin dalam kulit pohon ini memiliki efek yang mampu meredakan berbagai jenis rasa sakit, termasuk sakit pinggang, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kulit kayu pohon willow memiliki manfaat mengurangi sakit pinggang atau pinggang bawah.

Tanaman yang juga sering disebut sebagai dedalu mengandung senyawa salisin yang memiliki efek menyerupai aspirin. Kulit pohon willow mampu meredakan berbagai rasa sakit, mulai dari sakit kepala, kram otot, hingga rematik. Minum kulit kayu gandarusa sebanyak 120-240 mg sehari dapat mengurangi sakit pinggang.

9. Peterseli

Obat sakit pinggang Air rebusan dari daun peterseli juga bisa mengurangi rasa sakit di pinggang, terutama yang disebabkan oleh gangguan ginjal, dalam beberapa penanganan dengan herbal, peterseli atau tanaman bernama ilmiah petroselinum crispum ini dapat meringankan sakit pinggang. Terutama, sakit pinggang karena gangguan ginjal.

Minum sup parsley dapat memberikan efek diuretik serta tonik untuk ginjal. Efek diuretik memicu tubuh untuk membuang urin sehingga membantu mengeluarkan racun atau kadar garam yang berlebihan di dalam tubuh melalui ginjal.

10. Devil’s Claw

Obat sakit pinggang Cakar setan yang telah diolah menjadi obat minum diyakini cocok dengan efektivitas beberapa jenis obat anti-inflamasi non-steroid. Tanaman ini dapat digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk sakit pinggang, asam urat, sakit otot, sakit dada, dan gangguan pencernaan.

Dalam menangani sakit pinggang, cakar setan yang telah diperlakukan sebagai obat minum diyakini memiliki dampak yang sesuai dengan efektivitas beberapa jenis obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID).

11. Cabai Cayenne

Obat sakit pinggang Devil’s claw yang telah diolah menjadi obat minum diyakini cocok dengan efektivitas beberapa jenis obat anti-inflamasi non-steroid. Cayenne termasuk genus yang disebut capsicum. Tanaman jenis capsicum mengandung capsaicin, senyawa yang memberi rasa pedas.

Selain sensasi pedas, capsaicin dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit alami (termasuk untuk sakit pinggang). Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk krim atau tempel.

Itu sejumlah herbal yang diyakini sebagai Obat sakit pinggang. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa sebagian besar ramuan ini belum pernah melalui penelitian klinis yang tersebar luas. Penelitian yang lebih rinci dan akurat diperlukan untuk menilai keamanannya.

Karena itu, Obat sakit pinggang harus berhati-hati untuk tidak terlalu sering menggunakannya. Jika ada ketidaknyamanan setelah mengkonsumsi atau menggunakan obat alami, segera periksa dengan dokter Anda untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Sumber : https://antero.co/obat-sakit-pinggang

Berkreasi Membuat Puding Tahu Aroma Jahe yang Super Lembut

15 October 2018

JAKARTA, iNews.id - Setelah menyantap hidangan lebaran dengan rendang dan ketupat, enaknya mencicipi puding tahu beraroma jahe. Selain sehat, puding tahu bisa membuat tenggorokan segar. Aroma jahenya akan membantu tenggorokan segar dan badan terasa hangat.

"Hari ini saya bikin Puding dari air tahu atau sari kedelai. Namanya kalau di Surabaya Tahwa. Suka banget sama puding ini, teksturnya lembut soft banget. Makan satu pasti kurang. Disajikan bersama saus gula merah dimasak dengan jahe menambah tenggorokan jadi segar," tulis Instagram @linagui.kitchen, dikutip iNews,id, Selasa (19/6/2018).

Lantas, seperti apa resep dan cara membuat puding tahu aroma jahe ini? Berikut ulasannya.

Bahan Puding Tahu Hua atau Tahwa

Air tahu atau susu kedelai tawar tanpa gula 2,8 kg atau 2,8 liter.
Agar-agar (sparrow brand) 1 bks

Cara Membuat:

1. Air tahu atau sari kedelai dan agar-agar dimasukkan ke dalam panci, aduk rata, kemudian nyalakan api sedang dan terus diaduk jangan sampai gosong. Masak sampai mendidih.

2. Setelah mendidih tuang ke cetakan. Disarankan, tuang ke cetakan kecil. Karena puding ini sangat halus dan lembut gampang hancur. Kalau belum mau dimakan jangan dilepas dulu dari cetakan.

Bahan saus:

Gula merah 350 gr
Air putih 400 ml
Jahe (digeprek) 250 gr

Caranya Membuat:

Masak gula merah, jahe, air, setelah mendidih kecilkan api, masak selama 15-20 menit agar sari jahe keluar, setelah itu saring gula merahnya, setelah dingin masukkan ke kulkas. Selamat mencoba.

 

Editor : Vien Dimyati

Sumber : https://www.inews.id/travel/read/150189/berkreasi-membuat-puding-tahu-aroma-jahe-yang-super-lembut

Jahe Merah Mengusir Asma

10 October 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertahun-tahun asma akut menyiksa Asmalia Sulastri (35). Bila kambuh, ibu empat anak ini bisa sampai pingsan. Tak heran, rumah sakit jadi langganannya. Setelah ia rutin minum seduhan ekstrak jahe merah, gangguan itu pun hilang.

Betapa tersiksanya Lia, demikian perempuan semampai ini biasa dipanggil, setiap pukul 13.00-14.00 dan 21.00-22.00, asmanya kambuh. “Rasanya seperti dicekik, huh… sakit sekali,” ujarnya menggambarkan penderitaannya. Hampir sepanjang hari ia hanya bisa berdiam di atas pembaringan. Obat sudah tentu menjadi temannya setiap sesak napas datang. Ceritanya menjadi lain setelah ia minum seduhan ekstrak jahe merah, gangguan di pernapasannya itu tak lagi mengganggu. Lebih Pedas Ramuan antiasma itu ia peroleh dari tetangganya yang memiliki keluhan sama. Setiap hari Lia minum 2 gelas besar seduhan jahe merah pada pagi dan malam. Caranya membuatnya pun sederhana. Rimpang jahe seukuran ibu jari tangan dimemarkan lalu direbus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu diminum sekaligus. Syukurlah, hingga kini Lia tak lagi mengalami gangguan sesak napas. Jahe merah memang banyak diresepkan para herbalis sebagai salah satu obat asma.

Menurut DR Suwijiyo Pramono, Dosen Fakultas Farmasi UGM, Yogyakarta, kemungkinan efek antihistamin pada jahe merahlah yang meredakan asma. Jahe merah adalah tumbuhan terna berbatang semu tegak dan tidak bercabang. Batang tanaman berfamili zingiberaceae ini, berbentuk bulat kecil berwarna hijau dan agak keras. Daunnya tersusun berselang-selang teratur. Tinggi tanaman ini tak lebih dari 60 cm. Ukuran jahe merah lebih kecil daripada jahe jenis lainnya. Sesuai namanya, jahe ini berwarna merah hingga jingga muda. Tanaman ini berserat kasar. Tekstur batang kasar berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau kemerahan.

Tanaman bernama Latin Zingiber officinale ini, kata Bambang Sudewo, herbalis dari PJ Sekar Kedhaton, Yogyakarta, memang kaya manfaat. Sebagai bahan baku obat tradisional, jelas Dewo, begitu ia disapa, jahe merah banyak dipilih. Hal ini lantaran kandungan minyak atsiri, zat gingeral, serta oleoresin atau zat yang memberi rasa pahit dan pedas lebih tinggi ketimbang jahe gajah dan jahe emprit. Menurut Dewo, jahe merah berkhasiat sebagai pencahar, antelmintik, antirematik, dan peluruh masuk angin. Juga berkhasiat untuk menghangatkan badan, penambah nafsu makan, peluruh keringat, serta mencegah dan mengobati masuk angin. Selain itu, juga berkhasiat mengatasi radang tenggorok (bronkitis), rematik, sakit pinggang, , nyeri lambung, meningkatkan stamina, mengobati pusing, nyeri otot, ejakulasi dini, pelancar ASI, dan meredakan asma.

Mbah Sarpinyem, penjaja jamu di Klithikan Pakuncen, Yogyakarta, juga memberikan racikan jahe merah kepada pembeli yang mengalami sesak napas karena asma. Minuman Penghuni Surga Nama genus zingiber yang berarti tanduk diberikan untuknya, lantaran rimpangnya mirip cula yang tumbuh di kepala badak. Zingiber diadopsi dari bahasa Arab, zanjabil. Alquran pada surat Al Insaan: 17, menyebut-nyebut jahe. Dinyatakan bahwa di dalam surga mereka diberi segelas minuman yang campurannya jahe.

Jahe merah, tambah Dewo, rimpangnya boleh kecil, tetapi soal rasa jahe ini paling pedas. Itu karena kandungan minyak atsirinya paling tinggi, yakni 3,90 persen. Jahe gajah hanya mengandung 1,6 persen minyak atsiri, sedang jahe emprit 1,5-3,5 persen. Kandungan kimianya berbeda pula. Itu sebabnya, memanfaatkannya juga tidak sama. Semisal, jahe gajah, banyak digunakan sebagai bahan masakan, minuman, dan kembang gula.

Aroma jahe merah sangat tajam. Kelebihan inilah yang menjadikan tanaman bernama lain jahe sunti ini dimanfaatkan sebagai bahan baku obat. Kata Dewo, minyak atsiri jahe merah adalah zingiberin, kamfena, lemonin, borneol, sineol, singeberol, linalool, geraniol, kavikol, zingiberen, zingiberal, gingeral, dan shogool.

Tanaman ini juga mengandung minyak damar, pati asam organik, asam malat, asam aksolat, dan gingerin. Literatur lain menyebutkan tanaman ini juga mengandung flavonoid dan polifenol. Selain untuk mengatasi asma, Mbah Sarpiyem memanfaatkan jahe merah sebagai pelega perut. Di rumah, ia meracik 15 gram rimpang segar, dengan membakarnya selama 15-20 menit. Selanjutnya dimemarkan dan diseduh dalam segelas air, lalu dicampur dengan sesendok makan madu, barulah diminum.

Anda penderita batuk kering, tambah Mbah Sarpiyem maupun Dewo, bisa juga minum perasan rimpang tanaman ini. Produk jahe merah telah dijual di pasaran berupa rajangan kering atau simplisia, jahe instan, serbuk jahe, sirop jahe, dan kembang gula jahe. Mau coba? @ Hendra Priantono

Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "Jahe Merah Mengusir Asma", https://lifestyle.kompas.com/read/2010/06/08/0957026/jahe.merah.mengusir.asma

Buat Warga Produktif, Bejo Bintang Toedjoe Bina Gerakan Tanam Jahe Merah

1 October 2018

TRIBUNNEWS.COM – Setelah menggelar pelatihan tahap pertama pada November 2016 lalu, CSR PT Bintang Toedjoe bersama PT Yakin Raih Sukses (YRS) dan pemerintah kota DKI Jakarta kembali menyelenggarakan pelatihan tahap kedua perawatan tanaman jahe merah di seluruh daerah DKI Jakarta.

Seperti yang sudah diketahui, pada tahap pertama lalu, para peserta diajarkan bagaimana caranya menanam jahe merah secara baik dan benar.

Pada daerah Jakarta Timur, kegiatan “Pembinaan Gerakan Menanam Jahe Merah Untuk Jakarta Sehat, Kuat dan Produksi” diselenggarakan di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Jakarta Timur, Senin (6/2/2017).

Menurut Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (Sudin KPKP) Jakarta Timur, acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan para ketua Program Jahe Merah di Jakarta Timur.

“Sebagian hasil dari program pelatihan lalu sudah tersebar di 24 lokasi dan kami rasa masih belum maksimal, oleh sebab itulah diadakan kembali pelatihan yang kedua,” ungkap Wakil Ketua I Kepala Bagian Sudin KPKP.

Para peserta pelatihan kali ini terdiri dari 96 peserta yang berasal dari Kasudin KPPAPP, pengurus PKK Kota, pengurus PKK Kecamatan dan Kelurahan, serta para penyuluh pertahanan pangan dan pelaksana pelatihan pertanian se-Jakarta Timur.

Saat sesi diskusi dan Tanya jawab, David Walalangi, Direktur Utama PT YRS membagikan pengalamannya dalam membudidayakan jahe merah.

Pada sesi ini, David menuturkan bahwa para peserta beruntung bisa belajar secara gratis bagaimana membudidayakan jahe merah hingga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

“Kalo belajar jahe merah tidak mungkin diajarkan secara gratis. Ini adalah kesempatan Bapak dan Ibu untuk bisa mendapatkan Jahe merah sendiri sehingga kalian bisa menjadi menjadi pembisnis jahe merah yang handal,” ungkap David.

Ia juga menambahkan bahwa orang lain harus membayar puluhan juta untuk membayar pelatihan semacam ini.

“Tapi karena Bejo Bintang Toedjoe bapak dan ibu bisa belajar secara gratis,” kata David.

Selain itu David juga membagikan ilmu yang ia miliki mengenai perawatan jahe merah.

Pada sesi tahun lalu, ia sudah memberikan ilmu bagaimana caranya menanam jahe merah dalam polybag.

Pemilihan polybag ini, menurut David, selain dilakukan untuk mengkontrol unsur hara pada tanah, juga dilakukan untuk daerah minim lahan luas, seperti Jakarta.

Para peserta pun terlihat bersemangat mengikuti pelatihan ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada David mengenai tanaman jahe yang mereka rawat pada daerah masing-masing.

Soal hasil panen juga tidak perlu khawatir karena setiap 14 bulan sekali, PT YRS akan membeli hasil jahe merah mereka dengan harga 18 ribu rupiah per kilogramnya.

Saat sesi diskusi dan Tanya jawab berakhir, tak lupa, Warta Kota selaku Event Organizer (EO) membagikan doorprize seperti hairdryer, setrikaan, voucher belanja dan dispenser.

“Kami berterima kasih kepada Bejo Bintang Toedjoe karena sudah difasilitasi dalam rangka peningkatan pembinaan penanaman jahe merah yang ada di Jakarta Timur,” ungkap Wakil Ketua I Kepala Bagian Sudin KPKP.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Buat Warga Produktif, Bejo Bintang Toedjoe Bina Gerakan Tanam Jahe Merah, http://www.tribunnews.com/nasional/2017/02/10/buat-warga-produktif-bejo-bintang-toedjoe-bina-gerakan-tanam-jahe-merah.
Penulis: Firdayanda
Editor: Advertorial

20 Manfaat Jahe Untuk Mendukung Kesehatan Tubuh, Program Diet, dan Kecantikan

30 September 2018

Merdeka.com, Jakarta - Jahe menjadi tanaman herbal yang paling banyak digunakan sebagai bumbu masak, obat-obatan, dan afrodisiak alami.

Ada beragam jenis jahe, salah satunya yang paling terkenal adalah jahe merah. Mengonsumsi jahe baik yang banyak digunakan sebagai bumbu masak atau obat, bisa memberikanmu manfaat kesehatan berikut seperti yang dirangkum Liputan6.com (29/5).

Manfaat jahe untuk kesehatan :

1. Mengatasi mual dan muntah

Apakah kamu pernah merasa rileks begitu mencium aroma jahe? Menurut penelitian, salah satu manfaat jahe adalah memang untuk menenangkan dan mencegah mual atau muntah. Bahkan pasien kemoterapi yang biasanya sering mual akan diberikan terapi yang melibatkan jahe.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Secara historis, manfaat jahe adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung terkait dengan stres.

3. Menyehatkan otak

Kamu ingin meningkatkan kesehatan otak? Konsumsilah jahe secara teratur. Menurut penelitian, jahe akan menghambat proses peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak akan meningkat, fungsi kognitif bertambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit Demensia juga akan menurun. 

4. Menyembuhkan migrain

Dalam uji klinis, manfaat jahe berguna untuk menyembuhkan migrain. Hal ini dibuktikan dari 100 pasien migrain yang diberikan obat mengandung bubuk jahe. Hasilnya, jahe membantu mengurangi ketidaknyamanan karena migrain tanpa efek samping.

5. Melindungi dari sinar UV

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat jahe memiliki kemampuan menyerap sinar UV yang dianggap sebagai penyebab kerusakan DNA. Sebabnya ekstrak dari jahe akan merangsang produksi antioksidan dalam tubuh sehingga akan memberikan perlindungan dari sinar UV.

6. Mengontrol kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Sebabnya jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.

Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

7. Menjaga kesehatan tekanan darah

Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Terutama bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Berkhasiat untuk osteoarthritis

Manfaat jahe ternyata mendukung kesehatan tulang lho. Sebab sebuah penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa ekstrak jahe efektif untuk mengobati penyakit osteoarthritis.

9. Mengurangi nyeri otot

Selain berguna dalam menjaga kesehatan otot, penelitian di tahun 2013 yang berkaitan dengan jahe menemukan bahwa manfaat jahe mampu menghilangkan ketidaknyamanan di otot akibat nyeri pada atlet. Selama percobaan 6 minggu ini, mereka yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

10. Mendukung kesehatan kardiovaskular

Kandungan bahan aktif alami di dalam jahe yang bernama 6-gingerol diketahui berguna untuk mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Sehingga bisa dikatakan bertambah satu lagi manfaat jahe yakni untuk menjaga kesehatan jantung hingga sebagai obat alami untuk penyakit jantung.

11. Mengurangi peradangan

Apakah kamu pernah mengalami wajah bengkak dengan kulit kemerahan? Umumnya peradangan yang terjadi di dalam tubuh menimbulkan dampak yang demikian.

Entah itu karena pola kesehatan yang buruk atau salah makan, peradangan bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan tubuhmu. Untuk mengatasinya, jahe bisa membantu. Sebabnya salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah berfungsi sebagai anti inflamasi, antiviral, dan bahkan antibakteri dalam tubuh.

12. Mencegah kanker usus

Manfaat jahe berikutnya adalah untuk mencegah kanker usus. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, ditemukan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi jahe memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus.

13. Menyembuhkan alergi

Jahe biasanya digunakan untuk mengusir rasa gatal di kulit. Hal ini menambah manfaat jahe lainnya yakni untuk menyembuhkan alergi, apalagi jika kamu rajin mengonsumsinya.

14. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan untuk menghalau datangnya beragam penyakit. Salah satu cara alami untuk memperkuat imunitas adalah dengan rajin makan jahe.

15. Melegakan tenggorokan

Mengonsumsi jahe akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Dengan demikian manfaat jahe lainnya adalah untuk melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorokanmu gatal karena penyakit pernapasan.

16. Mencegah kebotakan

Rambutmu sering rontok dan mulai berujung pada kebotakan? Rajinlah untuk merawat rambut dengan jahe.

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat jahe lainnya adalah mendukung proses pertumbuhan rambut. Sebab jahe akan merangsang folikel di kulit kepala, memelihara setiap helai rambut, dan menguatkan. Cara memanfaatkan jahe untuk kesehatan rambutmu adalah dengan menggunakannya sebagai masker rambut yang terbuat dari jahe yang dihancurkan dengan minyak kelapa murni. Kemudian diamkan selama 30 menit lalu keramaslah seperti biasa.

Manfaat jahe untuk diet :

17. Membakar timbunan lemak

Manfaat jahe untuk tubuh lainnya adalah membakar lemak. Sebab jahe merupakan penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe larut di dalamnya lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

18. Mencegah selulit

Manfaat jahe untuk kesehatan kulit lain adalah berguna dalam mencegah selulit. Sebabnya jahe akan meningkatkan sirkulasi dan regenerasi sel kulit yang pada gilirannya membantu dalam melawan selulit. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang ini, kamu bisa membuat scrub kulit yang terdiri dari parutan jahe, gula organik, minyak zaitun, dan perasan air jeruk nipis. Gosokkan di kulit dengan gerakan memutar. Setelah kering, bilas dengan air dingin.

Manfaat jahe untuk kecantikan wajah :

19. Menghaluskan kulit dan mencegah penuaan

Manfaat jahe untuk kecantikan kulit adalah berguna dalam mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini. Sebabnya jahe sudah sejak lama dikenal dalam pengobatan Ayurveda dan Cina sebagai agen anti penuaan dini.

"Kandungan zat antioksidan di dalam jahe akan meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan terjadinya kerusakan kulit, dan mencegah peradangan," ungkap penelitian yang dilansir dari Reader's Digest. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal bagi kulit, kamu bisa menggosok kulit dengan irisan jahe setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Manfaat jahe ini juga berguna dalam menghilangkan bekas luka hipopigmentasi.

20. Mencegah timbulnya jerawat

Tersiksa karena jerawat? Manfaat jahe lain adalah untuk mencegah timbulnya jerawat. Sebab jahe mengandung zat antiseptik dan anti oksidan yang akan melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat.

"Selain itu, kandungan alami dalam jahe juga akan mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyembuhkan luka," tulis penelitian dari Reader's Digest.

Sumber : https://www.liputan6.com/health/read/3541750/20-manfaat-jahe-untuk-mendukung-kesehatan-tubuh-program-diet-dan-kecantikan